Hadiah untuk Pahlawan

Bismillah.

Sudah senyum hari ini? Saya tidak memaksa, tapi mengingatkan karena senyuman adalah sedekah bagi saudara kita yang membutuhkan. Membutuhkan? Yap, bisa jadi dengan senyuman kita bisa membuat pikiran dan hati orang di sekitar kita menjadi lebih baik. 1 kebaikan.

Hari ini adalah hari istimewa bagi kita semua, bangsa Indonesia. Setiap tanggal 10 November selalu diperingati Hari Pahlawan. Siapa yang berjuang? Apa yang diperjuangakan? Kenapa pahlawan terus berjuang?

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pahlawan Indonesia yang maju gagah berani dan mau berkorban untuk bangsa ini. Semoga Allah meridhai segala niat baik kalian, pahlawan kami. Semoga Allah memberikan tempat terbaik di surga dan kita dipertemukan bersama orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Kedua, saya ingin mengatakan bahwa semua pahlawan memiliki hal yang sama, yaitu keberanian dan mau berkorban untuk membela kebenaran dan memperjuangkan sesuatu yang dicintainya. Jadi apa arti pahlawan menurut kamu? 

Ketiga, bagiku pahlawan bisa datang dari mana saja jika dia memiliki dua karakteristik di atas. Berani dan mau berkorban. Termasuk kedua orang tua kita. Bagiku, kedua orang tua adalah pahlawan dalam kehidupan kita. Pahlawan yang berani dan mau berkorban untuk merawat kita sejak dalam kandungan hingga hari ini, detik ini. Mereka menjadi sosok tangguh, setangguh Siti Hajar yang berjuang mencarikan air untuk Nabi Ismail as. Menjadi sosok teladan dalam ketakwaan seperti Nabi Ibrahim as.

bahagia itu sederhana. Iya kan Bu?


Kita kadang lupa atau belum sadar atas jasa-jasa pahlawan kita di rumah, orang tua. Orang tua yang selalu cinta dan penuh kasih sayang dan semua itu tidak akan berubah hingga akhir hayat. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa pahlawan harus melakukan hal besar selama hidupnya. Ya, memang benar dan kebaikan terbesar dari orang tua pada anaknya adalah kasih sayang. Selama kita hidup, kita tidak akan mampu membalas segala kebaikan orang tua, tapi kita bisa melakukan hal-hal kecil yang insya Allah akan menyenangkan kedua orang tua kita di surga.

1 Kebaikan Tiap Hari.

Memberi makan anak yatim/piatu, menyingkirkan bebatuan dari jalanan, dan senyum kepada tetangga dengan niat agar Allah ridha dan mempertemukan kita dengan kedua orang tua di surga termasuk usaha kita menyenangkan orang tua. Niat yang ikhlas, tulus, dan murni untuk mengharapkan ridha Allah. Yuk, bersama kita berbuat kebaikan hari ini setidaknya 1 kebaikan. Lebih dari itu, lebih baik lagi. Bisa jadi 1 kebaikan yang kita lakukan akan sangat berarti bagi hidup orang lain.

Doa-doa mereka yang terbantukan bisa membuat pahlawan kita bahagia di surga-Nya kelak.

Saya, kamu, dan kita semua, mari menjadi pahlawan bagi orang dan lingkungan sekitar kita. 

Terakhir, jangan lupa untuk selalu ingat, 

"Selain dikenang, pahlawan juga harus diteladani dalam keberanian dan pengorbanan." 

Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti