13 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa dan Cara Menghindarinya


Kalau puasa gini, saya jadi teringat saat masih SD kelas dua. Saya sudah harus belajar berpuasa satu hari penuh. Awalnya agak terasa berat, apalagi kalau belum terbiasa. Untuk menghilangkan rasa lapar dan haus, kadang-kadang saya dan teman-teman bermain video game. Kalau sudah berada di depan video game, waktu terasa cepat berlalu. Selain bermain video game, saya dan teman-teman suka tidur-tiduran di bawah pohon mangga, adem banget. Untungnya saat itu kami tidak saling meniduri.

Banyak kegiatan yang saya dan teman-teman lakukan saat berpuasa untuk menghilangkan jenuh dan rasa lapar maupun haus. Tapi, setelah dewasa seperti ini, saya baru tahu kalau hal-hal yang dulunya kami lakukan bisa membuat puasa kita batal. Hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita, antara lain :

1. Tidur Siang
Banyak yang bilang, 'Tidur saat berpuasa itu ibadah'. Saya saranin untuk tidak memercayai sepenuhnya kalimat itu. Karena tidur di atas tubuh orang lain yang bukan muhrim kita di siang hari membuat puasa batal. Dan hati-hati dengan orang yang mengatakan kalau tidur itu bagian ibadah. Bisa saja dia mengajak kita tidur siang bersama.

2. Bermain Video Game
Bermain video game dapat membuat kita lupa waktu. Selain lupa waktu, kita juga bisa lupa kalau kita sedang berpuasa. Karena bermain video game  'Playboy The Mansion dan kawan-kawannya', lalu mempraktikkannya, dapat membuat puasa kita batal.

3. Berlari Sekuat Tenaga
Hal ini juga membatalkan puasa, jika sebelum bedug maghrib kita dengan sekuat tenaga berlari ke warung es buah dan minta segelas kemudian meminumnya.

4. Melompat-lompat
Jika kita melompat-lompat, tetapi sambil menonton film porno. Maka puasa kita akan batal.

5. Membaca
Membaca buku atau majalah-majalah dewasa yang berisikan gambar-gambar *tiiiiiit* dapat membatalkan puasa. Sedangkan jika di dalam buku tidak terdapat gambar-gambar tersebut, tetapi kita kemudian membeli atau meminjamnya dari teman dan membacanya hingga mimpi basah (sengaja). Maka puasa kita juga batal.

6. Duduk
Duduk sambil makan bakso dan minum es teh sebelum bedug mahgrib juga membatalkan puasa. Sedangkan duduk sambil menggoda Bapak/Ibu penjual bakso, juga membatalkan puasa.   

7. Meludah
Meludah dapat membatalkan puasa, jika kita dengan sengaja meludahi seorang perempuan yang sedang mandi di sungai dan tepat mengenai 'Buahnya'. Lalu tanpa seizin perempuan tadi, kita membersihkan bagian yang terkena ludah.

8. Mandi di Pagi Hari
Jika kita mandi di dalam kamar mandi sambil minum air es secara sembunyi-sembunyi. Maka puasa kita dinyatakan sah. Sah batalnya.

9. Berenang
Jika kita berenang ke bagian dasar kolam dengan membawa makanan dan minuman. Kemudian kita memakannya, maka puasa kita dianggap batal.

10. Menonton Drama Korea
Apabila kita menonton drama korea yang romantis. Lalu terhanyut dan ikut menangis sambil memakan kentang goreng juga dapat membatalkan puasa.

11. Berteriak-teriak di Siang Hari
Selain mengganggu orang yang sedang beristirahat, berteriak-teriak di siang hari saat berhubungan intim ternyata membatalkan puasa.

12. Marah
Marah karena waktu berbuka puasa masih lama. Saking marahnya, kita lalu menabuh bedug sendiri di masjid pada siang hari dan setelah itu menyantap es kelapa muda.

13. Membaca Tulisan Ini
Membaca tulisan ini sehingga membuat kita berpikir yang tidak-tidak. Kemudian melakukannya secara sadar juga bisa membuat puasa kita batal.

Untuk menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita. Maka cara jitu yang harus dilakukan yaitu tidak membaca tulisan ini.

Sekian dan terima kasih. Oh iya, selamat menunaikan ibadah puasa ^_^.

Ciyee yang lagi puasa...   

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti