Kenapa Batu Akik Menjadi Tren di Masa Kini, Bukan dari Dulu?


            Akhir-akhir ini batu akik menjadi salah satu tren di tahun 2015 selain gaya rambut dan model pakaian. Kini, batu akik menjadi fenomena yang sangat populer, mulai dari kalangan anak-anak, babi ngesot, sampe manusia tingkat lanjut. Sepupuku saja sudah pake batu akik yang ukurannya lebih besar daripada tititnya. Ayahnya yang memberikannya sendiri. Sepupuku umurnya 2 tahun.

            Batu akik sudah ngalahin kepopuleran babi ngepet. Bahkan babi ngesot sendiri pake batu akik sebelum beraksi. 

            Waktu saya pergi ke rumah salah satu dukun ahli, Mbah Google, saya nanya 'Kenapa Batu Akik Menjadi Tren di Masa Kini?' Dia langsung menjawab melalui perantaranya, 'Okezone'.

'Batu akik sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, namun baru sekarang batu akik menjadi tren tersendiri. Hal ini dikarenakan para petinggi dan pejabat-pejabat negara mulai memakainya. Presiden SBY misalnya, beliau merupakan salah satu orang yang membuat batu akik menjadi booming. Sejak beliau memakai cincin dari batu bacan, sejak itulah batu akik menjadi tren.'

Jadi hal itulah yang membuat orang-orang sampe sakit (demam batu, sakik) karena kena boom.

            Orang tua saya juga mulai suka memelihara batu daripada kucing. Kata mereka, karena kucing suka PHP. Kalo ada kucing yang diterima kerja dan sudah janji buat membasmi tikus malah ngecewain. Bukannya mengejar tikus yang liar dan mengganggu, eh malah dianya yang dikejar tikus sambil teriak minta tolong. Tidak pake kolor lagi.

            Dulu, tiap kali ibuku menemukan kucing baru, dia selalu mewawancarai terlebih dahulu sebelum dijadikan penjaga rumah. Pernah suatu hari dia mewawancarai langsung kucing baru yang datang melamar dengan memakai dasi kayak kue lapis.

Ibu saya     : Kamu kucing baru ya?
Si Kucing  : Meong, ya.
Ibu           : Kamu mau tinggal di sini, mau makan ikan atau tikus?
Si Kucing  : Meong-meong (dua-duanya).
Ibu        : Kamu tidak bisa gitu sama saya, pilih ikan atau tikus? Ikan atau tikus? Ikan atau tikus? (sambil nyodorin ikan dan tikus hidup)

            Karena melihat tingkah laku Ibuku yang makin aneh, si kucing akhirnya milih tikus. Si kucing takut berdebat dengan Ibuku, apalagi Ibuku sudah menyiapkan wajan dan panci buat melempar kucing yang suka milih-milih.

...

                Sepulang sekolah saya biasa melihat para pedagang yang menjual batu akik di jalanan. Saat melihat batu akik, saya jadi ingat waktu masih kecil dulu. Waktu itu Bapakku punya batu akik, tidak terlalu besar, tapi bisa bikin benjol kalo kena tonjokan kasih sayangnya. Bapakku ini pernah mengikuti salah satu seni bela diri, kalo tidak salah namanya 'Judi, eh maksudnya judo'. Kata dia, judo itu seni bela diri yang mengutamakan tangan daripada kaki. Dia pernah mengalahkan lawan-lawannya dengan teknik bela dirinya. Selain itu karena tonjokkan tangannya yang ada batu akik. Bayangkan saja, kalo kita kena tonjokkan dari orang yang pake batu akik. Parah, pasti dijadikan berita di surat kabar, 'Inilah korban dari batu, sakit?'. Bahkan singa saja mengundurkan diri jadi raja hutan dan lari sambil teriak minta tolong (tidak pake kolor) kalo mau dipukul pake batu akik. Tapi, setelah Bapakku menang, dia juga kalah dan harus dioperasi. Mungkin karena batu sakik, dia pun ikut sakit.

            Aneh. Kalo lagi sakit (demam), orang-orang perginya bukan ke dokter lagi tapi sudah ke penjual batu akik. Mungkin lebih murah. Atau jangan-jangan dokter yang lagi sakit juga mengobati dirinya dengan batu akik. Entahlah. Batu akik tidak hanya dijadikan penghias jari, sudah banyak yang memercayai adanya kekuatan gaib pada batu akik, batu sakti, dan batu sakit. Sekarang, bukan orang yang memakai batu akik, tapi batu akik yang memakai orang.

            Sekarang aneh, tidak hanya laki-laki yang mencari batu akik, perempuan pun juga mulai cari batu akik. Tapi sayang, bukannya batu akik yang didapatkan malah aki-aki yang didapat.         


Catatan Aki-aki :
Pakailah batu akik sebagai penghias dan tidak berlebih-lebihan. Jangan sampe aki-aki yang memakaimu. Allah tidak suka orang yang berlebih-lebihan.


#SalamAki-aki      

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti