Senam PTN, bukan akhir dari segalanya.


Hasil senam ptn (SNMPTN) sudah keluar.


Pertama-tama, saya mau mengucapkan selamat kepada teman-teman yang berhasil dan lulus senam ptn. Tapi, bagi teman-teman yang lulus, ini bukanlah saatnya untuk merayakan kelulusan dengan berfoya-foya. Ini baru pengumuman lulus senamnya, tapi tidak menjamin kita bisa langsung masuk tanpa harus mendaftar ulang. Karena kalo tidak mendaftar ulang, sudah pasti kita tidak terdaftar sebagai mahasiswa di jurusan yang kita pilih.

Dulu, ada teman saya yang lulus bebas tes masuk SMA favorit di Kota Kendari. Tapi, karena dia lupa mendaftar ulang jadi dia tidak terdaftar sebagai siswa di SMA itu. Dia pun mencoba mengikuti tes tertulis di SMA lain. Sayang seribu sayang, dia tidak lulus tes tertulis. Tapi, baginya hal itu bukanlah akhir dari segalanya. Dia tetap sekolah dan belajar di sekolah yang sama dengan saya.

Kedua, bagi teman-teman yang belum lulus senam ptn, tetap semangat

Senam ptn bukanlah akhir dari segalanya, masih banyak cara untuk masuk ptn yang kita mau. Don't give up. Mungkin Allah memberikan jalan kepada kita melalui cara lain, dengan memberikan sedikit rintangan yang nantinya akan membuat kita lebih kuat dan giat belajar.


                                                                               ......


Beberapa hari yang lalu, saya sempat membuka blognya kevin anggara di kevinanggara.com.
Menurutnya, kelulusan bukanlah akhir dari segalanya. Lulus atau tidaknya dia di SMA tidak membuatnya patah semangat. Dia akan tetap menjalani passionnya sebagai blogger dan tetap menjadi diri sendiri.

"Gue termasuk orang yang biasa-biasa aja dan nggak begitu peduli dengan hasil pengumuman nanti. Karena gue udah siap dengan apapun hasil yang keluar nanti. Justru kalo deg-degan, kita bisa bikin diri sendiri jadi semakin panik. Dan begitu hasil yang keluar nggak sesuai harapan, jatohnya malah bisa stres. Banyak orang yang nanya sama gue, kenapa nggak takut kalo misalnya nanti nggak lulus? Hey, dunia ini lebih luas dari ruang kelas. 

Hasil "tidak lulus" nggak bikin gue langsung mati. Justru itu adalah saat yang tepat untuk gue membuktikan bahwa hidup nggak melulu soal nilai. Lulus atau nggak lulus nanti, gue sendiri nggak akan mau buat ngulang sekolah lagi. Cuma ngabisin duit dan waktu, demi sebuah ijazah. Yah, kalo lulus gue akan lanjut kuliah. Kalo nggak lulus gue akan jalani hidup kayak biasa. Sesederhana itu. 

Gue akan tetap jalani passion gue sekarang ini. Tetap nge-blog dan menulis kayak biasa. Tetap menghibur lewat video. Tetap menjadi diri sendiri, seperti sekarang ini. Yoi."


Saya setuju dengan Kevin, dunia ini lebih luas dari ruang kelas. Jangan panik, karena nantinya kita sendiri yang stres. Masih banyak kok yang bisa kita lakukan di dunia ini.

Tetap semangat dan berkarya untuk Indonesia tercinta.




Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti