1 Day 1 Hikmah

Bismillah.

Pernah gak kamu menemukan 1 insight di suatu hari? Pernah gak kamu menuliskannya? Mungkin sekadar catatan penyemangat atau ingin mengembangkannya menjadi sebuah tulisan ataukah menjadikannya sebagai motivasi di dinding kamar? Ada banyak manfaat yang aku dapatkan sejak belajar menulis mulai dari mengenal diri, mencoba memahami orang lain, dan menuliskan ide-ide atau gagasan kreatif.

Jujur, aku tak pandai menulis, eh lebih tepatnya belum pandai menulis. Aku sudah menulis di blog juga di diary-ku seperti sekarang, tapi belum pernah ada orang yang mengkritik atau membimbingku cara penulisan yang baik dan benar. Walaupun begitu, aku tetap ingin menulis. Menulis sambil belajar memperbaiki.

Judul ini terinspirasi dari perjalananku mengikuti sebuah forum yakni Forum Indonesia Muda. Judul ini juga terinspirasi dari sebuah quote dari Kak Rezky Firmansyah. Dalam tulisannya dia menulis seperti ini, “Menulis sangat butuh dengan yang namanya kepekaan dalam mengambil hikmah. Ada banyak jutaan inspirasi dan hikmah terbentang di semesta. Tapi sudahkah kita peka memetiknya dan mengolah menjadi tulisan yang bermakna?” That’s why aku menulis judul ini. Setiap dari kita harus belajar peka menemukan hikmah dari setiap hari yang kita lewati. Ini juga berhubungan dengan bagaimana kita belajar mentadabburi ayat-ayat Allah setiap harinya. 

Tulisan kali ini cukup singkat, namun aku berharap ini menjadi catatan bagiku dan bagi kita semua untuk belajar memetik hikmah setidaknya 1 hari 1 hikmah. Lalu bersama kita belajar mengaitkannya dengan kalam Allah (Al-Qur’an) dan hadis.

Terima kasih sudah membaca dan belajar bersama. Jangan lupa untuk selalu meluruskan niat, perbaiki sikap, dan luaskan manfaat. Sampai jumpa.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti