Lakukan 1 Hal

 Bismillah.

Akhir-akhir ini aku sering mendengar podcast ‘Teh atau Kopi’ dari Kak Hilman Ramadhan. Salah satu sosok pemuda di Kota Makassar yang menginspirasi banyak pemuda lainnya untuk terus belajar dan berkarya melalui ‘Sekolah Koding’. Aku mengenal Kak Hilman di kegiatan 1000 Start Up, di sana aku untuk pertama kalinya mengetahui ada anak muda Makassar yang sekolah ke Jerman dan memilih berkarya di Indonesia. Menyebarkan semangat dan sikap positif.

Kenapa bahas tentang Kak Hilman? Sekadar memberikan informasi awal tentang tulisan malam ini. Di podcast ‘Teh atau Kopi’, Kak Hilman menjelaskan tentang kekuatan fokus untuk melakukan 1 hal setiap harinya. Bukan 3, 5, atau 7. Cukup 1 hal dalam sehari yang kita benar-benar ingin dan harus lakukan hari itu.

Mengapa hanya 1? Apakah hanya itu yang kita lakukan dalam sehari?

Tidak, bukan itu maksudnya. Kita tetap melakukan hal-hal yang lain. Tapi mulailah dengan hal kecil dan fokus pada aktivitas yang penting dari hal penting lainnya. Jika diminta untuk menulis blog atau menjenguk teman, aku memilih untuk menjenguk teman terlebih dahulu karena itu penting dan harus aku lakukan. Menulis blog akan dilakukan setelah beberapa menit berkunjung ke rumah teman yang sedang sakit. Nah ini adalah efek domino. Pernah gak liat domino yang berdiri dan tersusun rapi. Satu domino yang kita gerakkan akan menjatuhkan puluhan bahkan ratusan domino yang tersusun. Hal ini karena kita melakukannya dengan satu hal kecil namun sangat berdampak ke hal lainnya. Ingat prinsip pareto 20/80? Mungkinkah prinsip itu sangat berhubungan dengan kekuatan fokus kepada hal penting?

Semakin ke sini, aku mulai mempraktikan saran dari Kak Hilman. Kamarku menjadi lebih berwarna dengan mading dan sticky note yang berisi 1 hal yang wajib saya lakukan di hari itu. Semoga catatan ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya nanti. Sudah waktunya untuk tidur. Sebelum itu, aku ingin mengucapkan satu kata, semoga mimpi indah dan terima kasih


Fuad Al Arifsyah

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti