3 Pertanyaan Orang Kaya

“Bagaimana sih cara mengelola keuangan yang baik untuk anak muda?”


Bismillah.

Pertanyaan di atas banyak aku temui dari teman-teman, baik yang sedang berwirausaha, bekerja di kantoran, maupun freelance. Aku merasa ini penting untuk kita renungi dan belajar bersama. Di luar sana, ada banyak orang yang kaya namun tidak pandai dalam mengelola uang yang dimilikinya. Aku menemukan sebuah artikel tentang Kebangkrutan yang Menimpa Para Atlet Kaya. Semoga bisa menjawab. Nah dalam tulisan kali ini aku ingin berbagi tentang sebuah prinsip yang sangat indah dan insya Allah bisa kita terapkan bersama dalam kehidupan sehari-hari. Let's go!!!


Langkah pertama, yuk coba kita ajukan tiga pertanyaan ke diri kita sendiri, “Apa sih tujuan kita mencari uang?” Apa karena ingin punya rumah, gawai terbaru, pakaian dan sepatu atau alasan lain? Aku pernah menemukan jawaban yang sangat sederhana, “Aku hanya ingin kaya.” Tunggu dulu, coba deh kita tanyakan lagi ke diri sendiri, “Sebenarnya kalau kita kaya, ingin apa?” Ternyata kalau kita tanya sampai ke akarnya, jawabannya: kita ingin bahagia.


Apa kebahagiaan bisa diperoleh dengan uang? 

Hmm tergantung dari cara kita menggunakannya. Uang akan membuat kita bahagia jika memberikan manfaat kepada diri kita dan orang lain. Kita bisa bahagia dengan membeli sepatu baru. Kita juga bisa langsung merasa bahagia ketika meilihat orang lain tersenyum dan bahagia ketika mendapatkan sepatu baru pemberian kita. Masya Allah, indahnya berbagi. Berbagi kepada sesama membuat kita kaya. Yap, kaya hati.  


Apakah rezeki yang kita peroleh selalu dalam bentuk harta?

Alhamdulillah suatu hari aku melihat story kakak kelasku. Dalam postingan tersebut terlihat sebuah gunung es kecil yang tampak dari permukaan, sedangkan di bawahnya gunung es tersebut jauh lebih besar. Apa yang tertulis dalam gambar tersebut? Banyak dari kita melihat sebuah rezeki hanya berbentuk uang. Kita sering luput memerhatikan sesuatu yang tidak tampak dari permukaan seperti teman yang baik, urusan yang dipermudah, bisa makan dan bernapas setiap hari dan lain sebagainya yang ini termasuk rezeki dan nikmat yang Allah SWT berikan.


Bersambung...

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti