Kenapa Harus Move On?


Bismillah.

Menyemai tanaman menjadi satu tantangan bagi pegiat berkebun, terlebih jika yang kita tanam itu sangat sensitif. Di foto ini aku menyemai benih tomat. Alhamdulillah sudah siap berpindah ke tempat yang baru.


Setiap harinya manusia lahir. Entah di belahan dunia mana. Ketika melihat foto masa kecilku, aku melihat manusia kecil berumur enam tahun dengan latar belakang foto yang berbeda-beda. Aku, berpindah-pindah.


Ketika berumur enam tahun, aku harus pindah dan berpisah dengan keluargaku. Aku tinggal bersama ibu angkatku dan di awal sekolah bersamanya aku sering menangis. Perpisahan adalah sesuatu yang tak biasa di kepalaku saat itu. Namun aku harus tetap melanjutkan hidup. Aku harus tetap makan dan bersekolah. Di sana aku hanya sampai kelas 2 SD. Ayah angkatku meninggal dalam sebuah kecelakaan saat pulang ke rumah. Ibuku sedih dan meninggalkan kenangan yang cukup dalam. 


Hal itu membuat kami memutuskan pindah. Aku yang mulai merasa nyaman dan memiliki beberapa teman kembali sedih. Namun ada perpisahan yang membuatku bahagia. Ketika tamat SD aku kembali ke orang tuaku di Kendari. Jujur aku bahagia, namun di saat bersamaan aku mengerti ibu angkatku bersedih.


Perpisahan-perpisahan yang aku lewati menjadikanku terbiasa dengan sebuah perubahan suasana juga perubahan emosi. Manusia berpindah-pindah. Berpindah fase dari anak kecil menjadi remaja hingga fase dewasa. Berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun, kehidupan harus tetap beranjut. 


Ada masa di mana manusia harus berpindah, termasuk berpindah fase dari remaja menjadi dewasa hingga lanjut usia. Melihat adik-adik berseragam putih biru ataupun putih abu-abu aku teringat masa itu. Aku berharap kita termasuk diriku meninggalkan hal yang baik di setiap fase menuju lanjut usia nanti.


Ada masa di mana setiap manusia harus berpindah, termasuk berpindah tempat istirahat. Aku sangat sedih ketika kakek meninggal. Aku ada saat beliau meninggal. Aku ada ketika beliau perlahan dimasukkan ke tempat istirahatnya yang baru. Aku berdoa, semoga kakek mendapatkan tempat terbaik yakni di surga dan bersama orang-orang yang dicintai Allah. 


tomat yang ada di kebun Makassar Berkebun

Ketika benih sudah tumbuh, dia harus dipindahkan ke tempat yang lebih besar. Kenapa? Insya Allah dengan cara itu, tanaman bisa tumbuh di tempat terbaiknya. Pindah tanam. Manusia pun begitu, kita harus berpindah ke tempat yang lebih baik. Hijrah.

 

Perpindahan-perpindahan yang aku lewati dan amati membuat aku mengerti bahwa ketika manusia berpindah tempat atas izin dan ridha Allah, ada sesuatu yang lebih baik di tempat yang baru. Ada rencana terbaik yang Allah persiapkan untuk kita.

Comments

Popular posts from this blog

Teh Botak dan Kepindahannya

BAB di Kampus

Akhi Wa Ukhti